Rabu, 31 Januari 2018

Janjang Wisata Kota Bukittinggi

Gerbang Bawah Janjang Ampek Puluh  cc isma
Gerbang Atas Janjang Ampek Puluah dengan Bangunang Atok Bagonjong

Janjang Ampek Puluh beralamat di Aua Tajungkah Tangah Sawah, Guguak Panjang Kota Bukittinggi. Janjang Ampek Puluah dibangun pada tahun 1908 atas perintah LC Westenenk. Pembangunan Janjang Ampek Puluah didasari atas mufakat 40 orang ninik mamak di Luhak Agam. Mufakat 40 orang ninik mamak ini menjadi dasar penamaan Janjang Ampek Puluah. Janjang ini menghubungkan Pasa Bawah dan Pasa Ateh yang berada di atas Bukik Kubangan Kabau. 

Pada gerbang atas Janjang Ampek Puluh terdapat dua buah patung Harimau Campo. Harimau Campo adalah labang kekuatan dan kebesaran Luhak Agam.

Untuk memperkuat pariwisata Kota Bukittinggi, janjang ini ditata dan direvitalisasi Pemko Bukittinggi di penghujung tahun 2017. Sentuhan moderen memperkuat keindahan janjang wisata Kota Bukittinggi ini. Sebuah langkah awal untuk Bukittinggi menjadi Kota Convention and Exibition. Ayo Liburan ke Bukittinggi. Bukittinggi Nagari Nak Rang Kurai. 

foto janjang saat ini
Janjang Ampek Puluah Tampak atas

Patuang Harimau Campo pada gerbang atas
Patung Harimau Campo Pada gerbang Atas 


Prasasti Janjang Ampek Puluah cc Isma

3 komentar:

  1. Penulisan semacam ini bagus ya. Sebuah kota akan semakin indah jika masyarakatnya sendiri peduli. Penulisan ini sebjah bukti kepedulian yang positif. Bravo. Alangkah baiknya jika ada peta kota yg memperlihatkan dimana saja posisi janjang2 itu. Bagaimanapun, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bapak...akan dilengkapi pak...muhun arahan terus..

      Hapus